Ikan Tim Oriental Untuk 2 porsi ala Catering Jakarta

Ikan Tim Oriental Untuk 2 porsi ala Catering Jakarta

IKAN TIM Dimasak dengan cara ditim, membuat daging ikan terasa lembut dengan aroma rempah yang harum. Pilih ikan yang tebal dan lembut dagingnya agar tak mudah hancur dan bumbunya meresap sempurna saat ditim.

Bahan: 500 gr ikan nila, kerat-kerat 1 bh cabai merah keriting, cincang halus 1 sdt minyak wijen 1 btg daun bawang, iris halus 2 sdt kecap ikan 1/2 sdt garam

Cara Membuat: 1. Lumuri ikan menggunakan campuran kecap ikan, cabai merah keriting, daun bawang, minyak wijen, dan garam. Biarkan 30 menit. 2. Kukus memakai api sedang selama 20 menit hingga matang.

Thai Steamed Fish Untuk 2 porsi

Bahan: 1 ekor ikan nila, kerat-kerat 2 btg daun ketumbar

Bumbu Rendaman: 2 sdt kecap ikan 1/2 sdm air jeruk lemon 3/4 sdt garam 1/2 sdt minyak wijen 4 bh cabai rawit, iris halus

Cara Membuat: 1. Rendam ikan di dalam campuran bumbu rendaman 30 menit. 2. Tim ikan di atas api sedang 30 menit. Buka tutup kukusan. Taruh daun ketumbar. Tutup lagi kukusan.

Tim Ikan Tradisional Untuk 5 porsi

Bahan: 5 ekor ikan kembung, kerat-kerat, 1/2 sdt air jeruk nipis 1 sdt kecap manis 1/2 sdt kecap asin 1/2 sdt bubuk pala 1 3/4 sdt garam 2 btg daun bawang, iris serong

Bumbu Halus: 1/2 sdt ketumbar, sangrai 2 siung bawang putih 2 bh cabai merah 6 btr bawang merah

Cara Membuat: 1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis. 2. Rendam ikan di dalam campuran kecap manis, bumbu halus, pala bubuk, kecap asin, dan garam. Diamkan 10 menit. 3. Tim di dalam kukusan yang diletakkan pada api sedang dalam waktu selama 30 menit hingga matang.

Jangan Menambah Air pada Tim Ikan Jangan menambahkan air pada ikan yang ditim. Air pada ikan tim merupakan kaldu ikan yang keluar selama proses pengukusan. Karena itu wadahi ikan selama pengukusan. Memilih Ikan Untuk Ditim Gunakan ikan yang memiliki daging lembut dan cepat matang atau gunakan ikan tanpa duri agar bumbu mudah meresap. Menambahkan Taburan Setelah Matang Menambahkan daun bawang, daun ketumbar, daun jeruk, dan daun kemangi sebagai taburan, sebaiknya dilakukan sesaat setelah ikan tim matang. Minyak atsiri pada daun-daunan tersebut akan mudah menguap jika ikut ditim bersama ikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *