manfaat air cucian beras

9 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Perawatan Kulit

Manfaat Air Cucian Beras – Mungkin selama ini Anda selalu membuang air bekas cucian beras. Tapi tahukah Anda bahwa air bekas cucian beras bisa dimanfaatkan?

Namun, sayangnya sebagian orang meremehkan bekas air bekas cucian beras dan membuangnya begitu saja. Padahal air cucian beras ternyata bisa bermanfaat untuk kecantikan.

9 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Perawatan Kulit

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam beras terdapat beberapa zat yang berguna kecantikan kulit untuk yaitu oryzanol. Oryzanol ini berguna sebagai penangkal sinar ultraviolet ke dalam kulit.

Dengan adanya zat tersebut, air cucian beras menjadi banyak manfaatnya, Selama ini kebanyakan orang yang mencuci beras,langsung membuang airnya begitu saja. Tahukah Anda apa saja manfaat air cucian beras itu? Simak penjelasannya di sini

1. Membersihkan wajah

Air cucian beras dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Nutrisi yang terkandung dalam beras akan mengalir ke dalam air yang dipakai untuk mencuci beras tersebut.

Langkah – langkahnya sangat gampang, Anda cukup mencuci beras seperti biasanya. Air cucian beras yang pertama terdapat debu dan kotoran dibuang, kemudian tambahkan air dan rendam beras selama 30 menit. Saring air beras lalu gunakanlah air cucian beras untuk membasuh wajah Anda.

Baca Juga: Jasa bikin furniture

2. Mengontrol kelebihan minyak pada wajah

Kelebihan minyak pada wajah berpotensi menyebabkan jerawat. Anda bisa menggunakan air cucian beras ini untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah Anda. Manfaat air cucian beras ini dapat Anda rasakan dengan penggunaan rutin.

Cara penggunaannya, Cuci wajah Anda menggunakan sabun pembersih wajah. Kemudian cuci lagi wajah dengan air beras. Biarkan air cucian beras kurang lebih 5 – 10 menit, lalu bilas setelahnya.

3. Mengatasi jerawat

Manfaat air cucian beras selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang ada di wajah Anda. Air cucian beras ini dapat memudarkan bintik – bintik hitam di kulit wajah Anda sehingga dapat menghilangkan bekas jerawat. Selain itu air cucian beras ini juga dapat mengencangkan pori – pori kulit yang akan meminimalisir tumbuhnya jerawat.

Cara penggunaannya, Anda cukup sediakan air cucian beras yang sudah bersih. Air cucian ini merupakan air cucian beras yang terakhir sebelum beras ditanak.

Endapkan air tersebut sampai bagian putih seperti tepung terkumpul di bawah. Oleskan tepung beras tersebut ke bagian wajah yang memiliki noda hitam bekas jerawat.

4. Mencerahkan kulit

Jika Anda menginginkan kuli yang lebih cerah, Anda dapat memanfaatkan air cucian beras. Di dalam beras terdapat pemutih kulit alami yang dapat membantu mencerahkan wajah Anda.

Manfaat air cucian beras ini bisa diperoleh dengan mengambil air cucian beras yang sudah bersih atau air cucian beras terakhir. Kemudian simpan air cucian beras tadi selama semalaman hingga bagian tepung mengendap dari airnya.

Keesokan harinya, Anda dapat memindahkan endapan tepung dan air di wadah yang berbeda. Selanjutnya Anda bisa menggunakan endapan sebagai scub pada wajah dan membilasnya dengan air beras tadi. Tunggu sampai kering, setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Mengobati kulit terbakar

Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat membakar kulit Anda. Tapi dengan menggunakan cucian air beras ini dapat membantu mengobati kulit terbakar Anda. Cara penggunaannya yaitu oleskan cucian air beras ini pada area yang terbakar, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Menyamarkan garis halus pada wajah

Seiring dengan bertambahnya usia, seringkali mucul garis – garis halus atau kerutan pada wajah. Manfaat air cucian beras ini dapat mebantu mengatasi masalah tersebut karena adanya inositol dan ferulic acid yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Jasa interior murah dan berkualitas

7. Mencegah pigmentasi atau penggelapan kulit

Oryzanol yang terdapat pada beras dapat mengurangi pigmentasi atau penggelapan kulit.

8. Meningkatkan pertumbuhan sel kulit

Dikutip dari The Epoch Times, di dalam beras terdapat vitamin B kompleks yang biasa disebut inositol. Inositol ini bermanfaat untuk membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga manfaat air cucian beras ini dapat meremajakan kulit.

9. Menutrisi dan menyegarkan kulit

Kandungan terbesar beras didominasi oleh pati sekitar 80 – 85%. Pati beras terdiri dari 2 polimer karbohidrat yang menyusunnya yaitu amilosa dan amilopektin.

Selain itu beras juga mengandung vitamin, protein, mineral dan air. Kandungan mineral, vitamin dan antioksidan di dalam beras sehingga manfaat air cucian beras ini dapat menutrisi dan menyegarkan kulit.

Nah, itulah tadi berbagai macam manfaat air cucian beras untuk kecantikan kulit wajah, dan semoga saja artikel di atas dapat bermanfaat yah dan baca juga informasi menarik seputar dunia interior di Jasa interior ruangan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *