Menarik, Ini Daftar Program Kerja di Jerman

Kalau mendengar tentang tinggal, belajar, dan kerja di luar negeri, pasti terbayang bagaimana sulitnya untuk bisa lolos sebagai pelajar atau pekerja.

Kualifikasi yang tinggi sampai biaya yang tidak sedikit jadi kesulitan para calon pelamar. Tapi, pernah tidak terpikir untuk tinggal sambil belajar dan bekerja di luar negeri tanpa kerepotan yang berarti dengan modal utama bahasa?

Jerman, selain menjadi tujuan studi perguruan tinggi, juga menjadi negara yang tepat dan nyaman untuk tempat tinggal dan bekerja, seperti dikutip website pendidikan Maxfield Review

Beberapa program untuk belajar dan bekerja disediakan bagi mereka yang tertarik tanpa harus punya pengalaman atau mengeluarkan banyak uang. Hal paling penting adalah mempersiapkan sarana komunikasi yang baik, yaitu bahasa.

Aupair

Pertama ada Aupair. Tujuan utama program ini adalah memberikan pengalaman belajar kebudayaan langsung di Jerman. Program ini memungkinkan kalian untuk bisa tinggal bersama dengan keluarga angkat yang ada di sana. Di sini kalian akan berperan sebagai salah satu anggota keluarga dan melakukan beberapa pekerjaan ringan seperti, melakukan pekerjaan rumah tangga dan menemani anak-anak dalam keluarga tersebut bermain hingga belajar.

Menjadi Au Pair, artinya adalah menjadi keluarga dengan diperlakukan seperti keluarga sendiri. Manfaat yang paling terlihat dengan menjadi Aupair yaitu perolehan pengalaman hidup dan pembelajaran budaya di Jerman. Poin tambahannya, para Aupair bisa mendapatkan uang saku selama mengikuti program ini.

Ausbildung

Selanjutnya ada program pekerja yang disebut dengan Ausbildung. Program ini seperti program pelatihan kerja yang bisa dilakukan sambil menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Kalian akan mendapat kesempatan besar untuk dapat bekerja di industri profesional setelah menjalani pelatihan selama 3 tahun.

Dalam program Ausbildung, beberapa pekerjaan yang ditawarkan untuk masyarakat Indonesia yaitu pekerjaan menjadi koki di restoran, teknik mesin, perawat di klinik atau panti jompo, manajer kantor, ahli hotel, serta pekerjaan lainnya di bidang keperawatan dan perhotelan. Secara khusus adapun program untuk bekerja di bidang keperawatan untuk kalian yang memiliki dasar sebagai seorang perawat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.