Seni Lukis Dinding

Bicara tentang seni lukis, yang kita bayangkan adalah lukisan di atas kanvas lalu digantungkan di dinding. Namun kini banyak yang memanfaatkan dinding sebagai media lukis agar dinding ruang menjadi lebih indah dan artistik. Mural, demikian seni lukis dinding itu disebut.

Jika Anda ingin menghiasi dinding ruang dengan mural, tentukan dulu sisi dinding yang ingin dilukis. Biasanya yang lapang dan terbebas dari elemen ruang yang mengganggu, misalnya jendela dan pintu. Hal penting lainnya, kondisi dinding harus baik, tidak lembap, dan tidak rapuh. Menurut Wibowo, seniman yang telah beberapa kali membuat mural, lukisan dinding bisa dibuat dengan 2 cara, yaitu dilukis menggunakan kuas dan teknik air brush yang menggunakan cat semprot.

Cat yang digunakan adalah cat akrilik dicampur dengan cat minyak. Tampilan hasil akhirnya terlihat berbeda. Pada mural yang dilukis, terbentuk tekstur pada permukaannya. Sedangkan yang dibuat dengan teknik air brush, permukaannya halus dan licin. Kini, teknik air brush ada yang tiga dimensi (3D) sehingga lebih terlihat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *